Galau Sehari Tanpa Internet

 Sehari tanpa internet? Wow, saya sangat gelisah ketika paketan modem habis dan pulsa yang tersisa di ponsel sudah sekarat. Tentu saja sangat menyusahkan, ketika saya sama sekali tidak bisa mengakses internet. Mungkin bagi sebagian orang, terlalu sering menggunakan internet hingga mengakibatkan kecanduan, akan banyk membawa dampak negatif. Namun sejauh ini, saya justru mendapatkan banyak manfaat dari internet.

Saya adalah seorang penerjemah bahasa Jepang sekaligus merintis mimpi menjadi penulis. Dengan  berselancar melalui internet, saya dapat mempelajari budaya bahasa Jepang,  mengunduh artikel bermanfaat. Banyak fitur internet yang membantu pekerjaan saya sebagai penerjemah misalnya saja menggunakan google translate. Kosakata yang tidak  saya temukan di kamus, bisa saya peroleh dari google translate, alhasil perbendaharaan kata saya semakin banyak, pekerjaan saya sebagai penerjemah juga tidak mendapat kesulitan.

sumber google


Pasti sudah kenal dengan jejaring sosial sejenis facebook dan twitter, bukan? Media internet semakin mempermudah komunikasi jarak jauh melalui jejaring sosial populer tersebut. Tentunya dengan penggunaan yang tidak berlebihan dan untuk aktivitas positif, jejaring sosial akan memberi banyak manfaat hebat. Sebagai penulis pemula, saya mengikuti banyak komunitas menulis online yang tersebar di facebook dan twitter. Jika sehari saja tidak membuka facebook, pasti terasa ada yang kurang. Bisa ada informasi lomba menulis yang terlewatkan atau ilmu menulis yang tidak terupdate. Pernah gara-gara tidak membuka facebook selama sehari, satu lomba menulis gagal saya ikuti karena ada perubahan tanggal deadline lomba.

Memanfaatkan internet sebagai  media promosi, saat ini mulai gencar dimunculkan. Acara sebuah komunitas dengan foto-foto kegiatan yang diunggah di facebook, akan menambah popularitas sebuah komunitas, simak saja contohnya di  http://telkomsel.com/genggam-internet. Saya aktif mempromosikan buku-buku karya saya lewat jejaring sosial dan blog. Gunakan media sosial dan internet tidak hanya sebagai ajang foto-foto narsis. Berdagang lewat internet juga makin digandrungi akhir-akhir ini.

Sehari tanpa internet bisa dilakukan jika keadaan yang memaksa, misalnya saja sedang terlibat dalam sebuah kegiatan yang mmebutuhkan fokus lebih atau bersosialisasi. Saya akan mengabaikan intrnet saat sedang berlibur dengan keluarga atau bercengkerama dengan orang-orang tersayang. Jika sehari saja, saya masih bisa menahan namun esok harinya, hmm saya pasti kelabakan jika masih tidak membuka internet. Jika waktu sempit, setidaknya saya luangkan beberapa menit hanya untuk mengecek informasi-informasi penting yang saya perlukan.

Jadi, mari budayakan melek internet dari sekarang. Sebarkan manfaat internet. Saya telah membuktikan jika internet telah memberi banyak peluang dan membantu profesi saya. Internet tidak mengenal usia, justru dengan memanfaatkan internet untuk berbisnis, menulis, atau promosi komunitas, kita tidak perlu mengeluarkan biaya berlebih.

Tidak ada komentar